Pages

Minggu, 27 November 2011

summary PTI chapter 9 : The Evolving Internet

Explain how and why the Internet was created.

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara,University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulanOktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.


Describe the technology that is at the heart of the Internet.

Teknologi merupakan jantung dari internet karena internet lahir dari teknologi canggih dan perkembangan internet akan semakin cepat seiring dengan perkembangan teknologi.

Describe the technology that makes the Web work as a
multimedia mass medium.

            Dengan perkembangan teknologi yang pesat (diperkirakan teknologi baru muncul setiap 6 bulan sekali) web work akan menjadi ‘idola’ bagi masyarakat. Multimedia massa akan berpusat pada internet, karena masyarakat sekarang membutuhkan informasi-informasi yang berbasis global, bukan hanya itu, edukasi, entertainment dan sosialisasi pun akan semakin terseret dalam lingkup web work.

Discuss the tools people use to build Web sites.
            Banyak media-media yang dapat digunakan untuk membuat websites misalnya :
1.    Dreamweaver, adalah  program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe Systems adalah versi 10 yang ada dalam Adobe Creative Suite 4 (sering disingkat Adobe CS4).
2.    GoLive, adalah sebuah program publishing yang membuat Anda bisa menerbitkan dan mengelola websites. Anda dapat memanfaatkan HTML editor untuk menata letak dari sebuah halaman tunggal dalam sebuah situs dan mengatur database-driven page.
3.    Microsoft FrontPage (atau Microsoft Office FrontPage) merupakan sebuah program aplikasi editor HTML yang berbasis WYSIWYG dan juga bertindak sebagai alat bantu administrasi situs web yang dikembangkan oleh Microsoft untuk jajaran sistem operasi Windows. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office dari tahun 1997 hingga 2003. Versi Macintosh-nya pun pernah dimunculkan pada tahun 1998, tapi tidak dikembangkan lagi. FrontPage sekarang telah usang, dan digantikan oleh Microsoft Expression Web dan Microsoft SharePoint Designer, yang dirilis pada bulan Desember 2006.

Discuss the trends that are changing the Internet and the way people use it.

            Masyarakat kini semakin peka dengan dengan perkembangan internet, mereka menggunakan internet sebagai media edukasi, hiburan, sosial, bisnis dan lain-lain. Misalnya saja berita-berita yang tersebar melalui Koran sudah jarang ditemukan, berita terbaru selalu saja diterbitkan melalui internet terlebih dahulu, hal ini disebabkan karena kecepatan dalam meng-upload berita ke internet lebih cepat dibandingkan harus diterbitkan lewat koran atau majalah.



Discuss some of the most important social and political issues raised by the growth of the Internet.

Isu-isu politik dan sosial dalam masyarakak akat semakin berkembang melalui internet, namun sayangnya dalam hal ini rentan akan manipulasi data dan fakta-fakta sulit untuk ditemukan. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang berkeinginan untuk membuat isu sosial politik misalnya untuk mempromosikan dirinya dalam pemilihan ketua daerah, meningkatkan kepercayaan masyarakat atas kinerjanya, atau bahkan hanya mencari sensasi dan popularitas seperti yang sering terjadi akhir-akhir ini.

Describe various ways that governments restrict access to the Internet.

            Ada banyak cara yang dilakukan pemerintah untuk membatasi akses internet,dengan menggunakan domain-domain seperti
1.    .edu - educational sites
2.    .com - commercial sites
3.    .gov - government sites
4.    .mil - military sites
5.    .net - network administration sites
6.    .org - nonprofit organization sites
untuk pemerintah sendiri menggunakan domain .gov dan masing-masing domain tidak bisa sembarang dibuka oleh masyarakat luat guna membatasi akses internet dan menjaga privasi.

0 komentar:

Posting Komentar