Pages

Minggu, 27 November 2011

summary PTI chapter 13 : Electronic Commerce and E-Business

Describe the phases a company goes through using the Internet for business.

            Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi indonet yang dipimpin oleh Sanjaya. Indonet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh Indonet, sebuah langkah yang cukup nekat barangkali. Lokasi Indonet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal di Indonet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine pada server AIX.
Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).
Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu & lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi. Rekan-rekan e-commerce membangun komunitasnya di beberapa mailing list utama seperti warta-e-commerce@egroups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e-commerce@itb.ac.id & i2bc@egroups.com.


Describe the forms of electronic commerce.

Business-to-business (B2B)
1.    B2B adalah sebuah  interorganisasi sistem informasi  yang ditangani oleh suatu perusahaan  dalam ruang lingkup bisnisnya terhadap instansi atau organisasi lainnya.
2.    B2B kadang-kadang sering disebut business-to-employee (B2E), saat focus utamanya menangani bisnis yang berelasi dengan suau organisasi..




Business-to-consumer (B2C)
1.    Transaksi yang terjadi antara perusahaan dengan single customer secara langsung.
2.    B2C paling terlihat aspeknya dari sudut pandang consumer

Consumer-to-consumer (C2C)
1.    Penjualan secara individual yang langsung dilakukan antara customer denan produsen melalui website.
2.    Yang paling terkenal dari C2C adalah eBay.

Describe the purpose, characteristics, and uses of intranets and extranets.


Intranet
adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan TCP/IP, untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun internet, yakni protokol internet(Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya),klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya. umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.
Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.
Penggunaan
Saat ini perangkat elektronik pintar sudah merambah diseluruh aspek kehidupan contohnya di kantor, sekolah, rumah. Beberapa sekolah sudah menerapkan teknologi intranet. Seluruh komputer terhubung dengan satu jaringan lokal. Intranet sebagai pendatang baru mengandalkan biaya yang murah, fleksibilitas, open standard, dan banyaknya vendor yang bergabung dalam menigkatkan kemampuan intranet serta jaminan perkembangan teknologi yang makin meningkat kemampuannya. 
Intranet digunakan untuk membantu alat dan aplikasi, misalnya kolaborasi dalam kerja sama (untuk memfasilitasi bekerja dalam kelompok dan telekonferensi) atau direktori perusahaan yang sudah canggih, penjualan dan alat manajemen hubungan dengan pelanggan, manajemen proyek dll, untuk memajukan produktivitas.
Intranet juga digunakan sebagai budaya perusahaan perubahan platform. Sebagai contoh, sejumlah besar karyawan membahas isu-isu kunci dalam aplikasi forum intranet dapat menyebabkan ide-ide baru dalam manajemen, produktivitas, kualitas, dan isu-isu perusahaan lainnya.
Dalam intranet yang besar, lalu lintas situs web seringkali sama dengan lalu lintas situs Web publik dan dapat dipahami dengan lebih baik dengan menggunakan software web metrik untuk melacak aktivitas secara keseluruhan. Survei pengguna juga meningkatkan efektivitas situs intranet. Bisnis yang lebih besar memungkinkan pengguna dalam intranet mereka untuk mengakses internet publik melalui server firewall. Mereka memiliki kemampuan menangani pesan yang datang dan pergi serta menjaga keamanan yang utuh.
Ketika bagian dari intranet diakses oleh pelanggan dan lainnya di luar bisnis, menjadi bagian dari sebuah extranet. Bisnis dapat mengirim pesan pribadi melalui jaringan publik, menggunakan enkripsi khusus / dekripsi dan perlindungan keamanan lainnya untuk menghubungkan satu bagian dari intranet mereka yang lain.
Pengguna intranet yang berpengalaman, editorial, dan tim teknologi bekerja sama untuk menghasilkan website. Paling umum, intranet dikelola oleh departemen komunikasi, HR atau CIO organisasi besar, atau kombinasinya.
Kelebihan
Kebutuhan intranet didorong oleh beberapa tekanan teknologi yaitu :
 Intranet menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri
Intranet lebih meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya.
Intranet mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, dan enterprise connectivity.
Intranet mendapat banyak keuntungan karena adanya suksesnya dukungan world wide web yang memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan masyarakat luas yang menggunakan internet. Caranya adalah dengan membuat website. Intranet menjadi tren saat ini karena kefleksibelan webnya yang mudah digunakan
Manfaat penggunaan intranet untuk sekolah:
 Membantu dalam membuat pengajaran, pembelajaran di sekolah lebih mudah
 Membantu dalam mengembangkan kurikulum yang akan mempersiapkan siswa untuk masa depan
 Memberikan siswa lebih banyak informasi untuk menambahkan kurikulum pengajaran
Membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan dan berkualitas tanpa membuang-buang banyak waktu
Membantu dalam mengidentifikasi kebijakan yang relevan dan praktek profesional perpustakaan di negara-negara maju di tingkat sekolah.
Extranet
adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.
Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.

Describe the design and use of public Web sites for supporting business-customer transactions.
           
B2C (business-to-customer)
Characteristics of effective B2C Internet sites:
Speed of transactions
Large, up-to-date product selection
Ease of use
Secure transactions
After-sale features


Describe some of the technical requirements of electronic commerce
           
1.    Web server requirements:
A company that engages in e-commerce must maintain a stable, secure, environmentally-sound computer room for its Web site servers and other equipment.
2.    E-commerce software requirements:
·         Catalog display—for finding and delivering business information
·         On-demand customer service—for shopping cart capability that keeps track of the items a customer has selected to purchase
·         Transaction processing—for doing typical calculations for a transaction, including computing taxes and shipping costs


Describe some of the ethical issues of electronic commerce.

·         A clear, explicit statement of the organization’s privacy policy
·         A policy statement addressing situations in which a person’s
permission must be secured before his/her ID, photo, ideas, or
communications are used or transmitted
·         A clear policy stating how the company will inform customers of the
intended uses of personal information gathered during an online
transaction and how the company will secure permission from
customers for those uses
·         A statement that addresses issues of ownership with respect to
network postings and communications
·         A policy of how the company monitors, or tracks, user behavior on
Web sites

0 komentar:

Posting Komentar